Friday, 10 April 2015

Mengejar Karir Setelah Lulus Sekolah

Assalamualaikum, apa kabar guys!



Aku punya cerita (tidak penting) yang ingin ku share di blog ku yang sepi ini *yang penting jangan hatinya yg sepi wkwk. Jadi hari ini tuh genap satu bulan aku bekerja di tempat yang baru. For your info sebelumnya aku bekerja di sebuah percetakan stiker yang mana ownernya adalah suami tante aku sendiri.

Awalnya pas lulus sekolah tahun lalu aku memutuskan untuk menunda kuliah dan ingin mencari pengalaman di dunia kerja. Aneh memang, disaat anak-anak yang lain sibuk mencari universitas terbaik mana yang mereka ingin masuki aku malah sibuk membuka situs-situs pencarian kerja di internet. Ternyata cari kerja itu ga gampang guys. Emang sih jaman sekarang semua serba mudah mau cari kerja buat tamatan SMA/SMK tinggal googling tapi apa iya semua bisa cocok sama keinginan dan skill kita? kalaupun ada kerja yang bagus tapi syaratnya banyak, lokasinya jauh, dll pokoknya adaa aja yang bikin ga cocok.

Aku melewati masa "kosong" setelah pengumuman kelulusan UN selama sekitar sebulan. Waktu itu aku masih cari info lowongan aja, belum ada niat untuk melamar soalnya ijazah belum keluar kan, jadinya aku nganggur deh hehe. Demi mengisi liburan panjang yang membosankan itu aku tinggal sementara di rumah nenek (Aku beruntung bisa menghabiskan waktu 2 bulan bersama nenek sebelum nenek akhirnya berpulang ke Rahmatullah sepekan setelah lebaran:( *alfatihah utk nenek). Kebetulan waktu di rumah nenek aku bertemu dengan tante yang juga sepupu papa. Tanteku bilang dia lagi cari desainer buat percetakannya terus aku ngajuin diri deh hehe tapi aku bilang cuma untuk sementara and she got deal with me. Hari pertama aku kerja aku disuruh bawa berkas sama si om. Katanya biar karyawan lain ga tau kalau aku ini keponakannya haha dan saya juga harus menjalani wawancara. Akhirnya mulai hari itu aku resmi kerja disana.

Sebelumnya saya sudah punya sedikit pengalaman ketika mengikuti praktek kerja industri waktu kelas tiga SMK. Aku praktek di sebuah percetakan digital printing yang lumayan besar namanya di kota Makassar walaupun tempatnya ga besar amat,lol. Kebetulan tiga karyawan di sana adalah kakak kelasku dulu di DKV hehe jadi aku banyak belajar dari mereka. Dan berkat pengalaman itu aku ga udah gak kaget sama yg namanya dunia kerja. Balik lagi ke cerita sebelumnya, jadi aku bekerja sebagai desainer grafis sekaligus operator mesin cutting stiker, masuk pukul 09.00 pagi dan pulang pukul 05.30 sore. Kerjanya ga terlalu berat dan teman-teman disana baik banget. Oh iya waktu 4 bulan aku kerja disana aku juga ngajak salah seorang teman kelas namanya Aji. Kita juga bareng2 waktu PKL dulu, drpdaa dia nganggur jadi aku ajak juga. Yang namanya kerja pasti ada enaknya ada ga enaknya. Yup, belakangan karena musim hujan, banyak pedangang stiker pinggir jalan yang ga jualan dan akhirnya pemasukannya berkurang. Trus hubungannya sama aku apa? karena aku bekerja di produksi stiker maka pemasukannya juga ikut berkurang akibatnya pendapatan karyawan juga ikut kena dampaknya :(. Oke satu dua bulan mungkin aku masih bisa bersabar, tapi yang ke tiga? no way. biar kata yang punya om ku juga tapi aku gak mau dong dipermainin kaya gini. padahal kita udah berusaha keras buat kerja tapi balasannya cuma janji doang hufft. Akhirnya aku mutusin cari lowongan di tempat lain. 5 hari, satu minggu, dua minggu, belum ada satu panggilan pun.. aku jadi makin dilema. ga enak kan mesti minta-minta di mama karena uang yang aku pegang udah habis (tenang kok aku masih ingat nabung buat kuliah nanti). Akhirnya pas hari gajian aku dapat sms buat interview dari salah satu perusahaan yg aku lamar sebagai desainer grafis. YES! aku datang dong besoknya. Aku di tes buat bikin brosur makanan (soalnya perusahaan ini punya rumah makan dan kedai es krim), kata bosnya dia mau nerima aku tapi gaji awal sekian. hmm gajinya sih ga jauh beda dengan tempatku yang lama, tapi aku butuh banget sama yang namanya suasana baru:(. Dan singkat kata 5 hari kemudian setelah aku bertapa hehe akhirnya aku terima penawarannya. Alasan kenapa aku mau kerja disini adalah:
1. Kerjanya ringan, aku cuma sebagai desainer aja!
2. Lokasinya di pusat kota. dekat dari Mall (dasar cewek)
3. Libur Sabtu Minggu, asyik
4. Kantornya punya wifi ama tv kabel
5. Karyawannya cuma aku aja. Jadi ga ada kemungkinan terjadi konflik kan hehe

Yup disinilah aku sedang duduk di meja kantor sambil nulis postingan ini. Aku senang bisa dapat pekerjaan yang bisa aku nikmati. Karena ini udah jadi pilihanku, aku harus jalani dengan ikhlas. Banyak teman dan keluarga yang menyayangkan keputusanku ini. Tapi mau mi di apa karena saat ini keingin untuk kerja lebih besar daripada untuk kuliah hehe... yg ada di pikiran ku "ga papa nunda kuliah dulu , toh aku kan masih muda, masih banyak waktu untuk lanjut kuliah dan cari gelar" apakah keputusanku sudah benar? entahlah. Dan dikelasku bukan hanya aku yang milih kerja dulu, banyak. iya banyak banget, mungkin saking kompaknya yah hehe.
Btw kalian punya saran ga untuk aku? kasih tau dikomentar ya:)

Da-dah!